Minggu, 10 November 2013

Final MotoGP 2013 di Valencia, Marquez Juara Lorenzo Tak terbendung!

Pembalap dari tim Honda asal Spanyol, Marc Marquez mendapat ucapan selamat dari timnya, setelah meraih posisi terdepan untuk balapan besok, dalam sesi kualifikasi di Sirkuit Speang Malaysia, (12/10). AP/Lai Seng Sin
Marc Marquez merebut gelar Juara Dunia MotoGp 2013 setelah mencapai finis di urutan ketiga seri terakhir musim balap 2013 di Sirkuit Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Ahad, 10 November.

Balapan seri terakhir itu dimenangi pesaing utama Marquez dari tim Yamaha, Jorge Lorenzo. Adapun rekan Marquez di tim Repsol Honda, Dani Pedrosa, di posisi ketiga.

Marquez, 20 tahun juga tampil sebagai pembalap rookie (debutan yang melesat prestasinya), yang merebut gelar juara dunia setelah yang terakhir Kenny Robert (AS) pada 1978. Dengan finis di urutan ketiga total poin Marquez menjadi 334, terpaut empat poin lebih tinggi dari total poin Lorenzo, 330.

Balapan di Valencia yang merupakan seri terakhir sekaligus penentu juara dunia 2013 disaksikan 114 ribu penonton yang sebagian besar pendukung Marquez. Mereka mengibarkan bendera nomor 93, nomor motor Marquez.

Balapan tersebut berlangsung dramatis, karena Lorenzo yang masih memiliki peluang mempertahankan gelar juara dunianya hingga seri terakhir tersebut tampil ngotot. Begitu start Lorenzo yang berada di posisi kedua langsung melesat mendahului Marquez. Lorenzo diikuti Pedrosa, sementara Marquez di posisi ketiga.

Terjadi 16 kali saling mendahului Lorenzo dan Pedrosa, pemenang di Valencia tahun lalu. Namun pada putaran kesembilan setelah mendaului Lorenzo, Pedrosa tersodok bagian belakang motornya oleh motor Marquez. Pedrosa sempat oleng dan tercecer di urutan kelima. Pada saat bersamaan Marquez menyusul keduanya dan memimpin di urutan pertama.

Namun, di putaran berikutnya Lorenzo membuktikan kelasnya sebagai pembalap senior bermental tangguh dan skill sempurna dan berhasil mendahului Marquez dan tak terkejar siapa pun hingga finis.

Prestasi Marquez ini sangat fenomenal setelah 2010 merebut gelar juara dunia 125 cc dan 2012 tampil sebagai juara dunia 250 cc. Itu sebabnya ia dielu-elukan para pendukungnya begitu mendekat ke podium juara. Satu di antaranya bek tengah Barcelona FC, Gerrard Pique. Keduanya sempat bercakap-cakap sejenak sebelum Marquez naik podium untuk menerima trofi pemenang.
Final MotoGP 2013 di Valencia, Marquez Juara Lorenzo Tak terbendung! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown