Minggu, 10 November 2013

Kenapa Saya Harus Menggunakan Jasa Arsitek?

[imagetag]

Anda mungkin pernah berpikir kenapa membutuhkan jasa arsitek dan kapan waktu yang tepat untuk menggunakannya. Kalau lah sekedar gambar sederhana yang bisa dikerjakan sendiri sudah cukup, toh sisanya nanti bisa diatur dan diteruskan sambil jalan. Jadi kenapa pula perlu jasa arsitek?

Selama saya menekuni profesi sebagai arsitek, sering klien datang kepada saya sudah dengan berbekal coretan dan guratan sketsa tersebut. Kira-kira untuk perletakan ruangnya bayangannya seperti ini dan begini, biasanya mencontoh dari rumahnya si fulan, atau bangunan anu di tempat anu. Semua itu demi sebuah impian akan rumah idaman.

Banyak dari rekaan desain tersebut yang harus dibongkar total keseluruhan, karena tidak selaras dengan ilmu arsitektur ataupun kalau dipaksakan justru nanti pelaksanaannya akan sulit atau terlalu banyak bentuk yang tidak optimal sehingga malah memboroskan. Jadi, kira-kira seperti apa sih yang membedakan perupaan bangunan melalui jasa arsitek dan yang tidak?

Arsitek akan mencoba menawarkan desain yang memiliki konsep dan tema yang bertujuan agar nantinya bangunan tersebut memiliki karakter, semakin baik sang arsitek maka biasanya dia semakin mampu merealisasikan konsep dan tema bangunan pada perwujudan karya-karyanya. Hal lain yang tidak kalah penting dalam hal tersebut adalah arsitek perlu diberikan kebebasan mendesain, campur tangan yang terlalu banyak dari klien bisa menjadi pedang bermata dua, alih-alih mendapatkan bangunan yang diidamkan justru malah menghasilkan desain campur aduk. Bangunan tema modern tapi terdapat 'titipan' dekoratif dari sang klien, bukannya selaras justru malah tampil genit tidak karuan.
  1. Anda membutuhkan jasa arsitek apabila;
  2. Anda mengenali gaya dan karakter sang arsitek dan ingin memiliki hasil karyanya.
  3. Anda ingin memiliki bangunan yang terencana dan berharap mempunyai kualitas yang baik.
  4. Anda kesulitan /awam dalam permasalahan desain dan membutuhkan bantuan untuk menyelesaikannya.
  5. Anda ingin berinvestasi pada bangunan anda, desain yang baik akan menaikan nilai properti bangunan itu sendiri.
Semoga bermanfaat.
703302
Kenapa Saya Harus Menggunakan Jasa Arsitek? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown