Rabu, 05 Februari 2014

Cara Menghadapi Masalah Menurut Agama Islam

Cara Menghadapi Masalah Menurut Islam - Setiap orang tidak akan pernah terlepas dari sebuah masalah. Hal ini dipicu oleh kehidupan di dunia yang memang tidak pernah datar dan lurus saja. Bahkan seorang yang kaya raya dan pengusaha sukses juga terkadang tidak akan pernah lepas dari sebuah permasalah hidup. Artinya secara garis besar dapat disimpulkan bahwa masalah merupakan sahabat bagi kehidupan seseorang.

Ketika kita telah menyadari bahwa masalah merupakan sahabat bagi kehidupan, maka selanjutnya kita dapat belajar untuk menyukai segala apapun yang telah kita dapati. Tentu dengan menerapkan sikap yang demikian kita akan mampu merubah posisi diri kita, yaitu sebagai korban yang diperdaya atas kondisi situasi tidak menyenangkan.

Sikap positif atas masalah yang kita hadapi tentunya akan merubah posisi kita dari yang sebelumnya sebagai korban akan menjadi pelaku atau subjek. Ketika kita sebagai pelaku, maka dalam hal kita sudah memiliki kemampuan untuk merubah masalah menjadi berkah.

Dalam sebuah kesempatan yang kita miliki untuk memperbaiki keadaan, maka pada saat itu kita akan terus berupaya dan mencoba untuk menghapus kesalahan di masa lalu. Sehingga dengan demikian kita akan mampu mengucapkan puji syukur kepada Tuhan, sebab dengan masalah yang selama ini datang kepada kita, sekaligus dapat kita jadikan sebagai batu pijakan untuk meraih kesuksesan di masa yang akan datang.

Hal-hal yang diungkapan diatas sebenarnya sejalan dengan cara menghadapi masalah menurut agama Islam sendiri. Dimana dari berbagai kutipan ayat-ayat suci yang sesuai dengan ajaran agama Islam, juga sebenarnya mengajari kita untuk tetap bangkit dan berbenah diri ketika sebuah masalah tengah menimpa kita.

Adapun cara menghadapi masalah menurut Islam itu secara lengkapnya dapat kita pelajari dari berbagai kutipan ayat-ayat berikut ini:

- Jika sedang diterpa masalah berat, maka jangan panik, tetapi bersikaplah lebih tentang, dan hal itu sesuai dengan anjuran Rasullulah SAW, di dalam sabdanya "Jika engkau menghadapi suatu perkara, maka pelan-pelanlah (tenanglah), hingga Allah akan menunjukan kepadamu jalan keluarnya" (HR Bukhari)

- Jika sedang diperhadapakan dengan masalah berat, maka hendaknya kita memohon petunjuk dengan shalat istikharah dan diikuti dengan puasa sunnah. "Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya aku ingat (pula) kepadamu dan bersyukurlah kepada-Ku dan jangan kamu mengingkari nikmatku," (Qs Al Baqarah (2):152).

- Meski memiliki masalah yang berat, maka hendaknya jangan pernah menyimpang dari ajarang Islam. "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kamu akan menambah (nikmat) kepadamu, jika kamu mengingkari (nikmatku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih" (Qs Ibrahim: 7).

Tentu dengan menerapkan cara menghadapi masalah menurut Islam diatas, kita akan terlepas dari berbagai permasalah hidup yang sedang dihadapi, baik yang berat dalam kehidupan, dan juga didalam keluarga. Semoga bermanfaat...
Cara Menghadapi Masalah Menurut Agama Islam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown