Selasa, 11 Februari 2014

Misteri sungai bontang Kalimantan Timur Berubah warna jadi merah darah

Samarinda - Air di sebuah anak sungai di Kelurahan Api-Api, Kecamatan Bontang Selatan, kota Bontang, Kalimantan Timur, Selasa (11/2/2014), bikin heboh warga karena berwarna merah. Warna air sungai yang tidak wajar ini masih menyimpan misteri.

"Iya benar memerah. Kita belum bisa memastikan warna merah di sungai itu menjadikan sungai tercemar atau tidak. Lurah dan petugas Badan Lingkungan Hidup masih di lokasi untuk mengecek," kata Kabag Humas Pemkot Bontang, Suryanto, ketika dihubungi, Selasa (11/2/2014).

Suryanto menyebut memerahnya sungai itu baru diketahui jajaran Pemkot Bontag sekitar pukul 16.30 WITA tadi. Berbagai foto gambaran sungai tersebut bahkan sudah menyebar luas di jejaring sosial.

"Apa dan bagaimana terkait itu akan kita sampaikan segera," ujar Suryanto.

Dikonfirmasi detikcom terpisah, Kabag Operasional Polres Bontang Kompol Eko Soeroso menerangkan jajaran kepolisian juga telah mengetahui kondisi sungai tersebut. Dari penyelidikan awal, muncul dugaan bahwa memerahnya sungai akibat tumpahan cat.

"Dugaan sementara itu cat. Sementara kami juga masih menyelidiki, berbagai keterangan tengah dilakukan kepolisian," kata Eko.

"Dari keterangan salah satu warga disebutkan bahwa warga di sekitar sungai usai membeli drum bekas dari sebuah perusahaan besar di Bontang. Di dalam drum itu masih ada zat-zat larutan karena warga itu membersihkan drumnya di sungai," tambahnya.

Meski demikian, sambung Eko, kepolisian tidak tinggal diam. Tim identifikasi bersama Sucofindo telah mengambil sampel dari lokasi sungai untuk meneliti kadungan zat dari larutan tersebut sehingga mengakibatkan sungai memerah.

"Tim identifikasi Polres Bontang dan Sucofindo sudah ambil sampel. Diteliti untuk mengetahui larutan dari drum bekas itu mengandung zat berbahaya atau tidak. Hasilnya akan segera kita ketahui," tutup Eko.

Foto-foto yang memperlihatkan kondisi sungai di kota Bontang, beredar di jejaring sosial sejak siang tadi. Dari foto tersebut terlihat sungai memerah itu juga berada di kawasan pemukiman penduduk. Warga Bontang terlihat menyaksikan keanehan warna air sungai itu.
Misteri sungai bontang Kalimantan Timur Berubah warna jadi merah darah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown