Harga dan Spesifikasi Seri Nokia X HP terbaru Nokia berbasis Android

Harga Nokia Seri X

Produsen ponsel asal Finlandia, Nokia, akhirnya memperkenalkan ponsel Android buatannya. Tak tanggung-tanggung, Nokia meluncurkan tiga produk sekaligus dalam ajang Mobile World Congress 2014 di Barcelona, yaitu Nokia X, X+ dan XL.

Seperti kabar yang telah tersiar sejak beberapa bulan lalu, jajaran Nokia X memanfaatkan sistem operasi buatan Google, Android, yang sedikit dioprek, sehingga tampak khas seperti tablet Kindle buatan Amazon. Namun, berbeda dengan kebanyakan ponsel Android lainnya, Nokia X, X+ maupun XL tak akan mengakses Google Play. Pengguna yang ingin mengunduh aplikasi, bisa mengakses Nokia App Store.

CEO Nokia Stephen Elop mengatakan, Nokia X hadir karena mereka memanfaatkan ekosistem dan pengembang aplikasi Android. Nokia X, X+ dan XL akan bermanfaat bagi pengembang Android guna membawa aplikasi yang mereka bangun ke dalam ekosistem Nokia. Secara tak langsung, pengembang aplikasi bisa lebih melebarkan sayapnya ke beragam platform.

Selain telah terpasang beberapa aplikasi ternama, seperti SwiftKey dan BBM, perangkat ini juga dilengkapi dengan layanan milik Microsoft, seperti Skype, OneDrive dan Outlook.

"Tentunya, kehadiran jajaran Nokia X juga menjadi jalan baru bagi Microsoft untuk menjangkau pengguna smartphone yang lebih luas," ujar Elop.

Nokia X dan X+ memiliki layar 4 inci yang telah ditunjang dengan kamera beresolusi rendah. Walaupun belum dijelasakan secara rinci, Nokia X memiliki perbedaan mengenai memori penyimpanan internal yang lebih kecil dibandingkan Nokia X+. Tak hanya itu, X+ telah dilengkapi dengan slot microSD, sedangkan Nokia X tidak.

Spesifikasi tertinggi justru dimiliki seri XL. Dengan bentang layar 5 inci, smartphone ini telah dilengkapi dengan kamera utama 5 MP dan kamera depan berukuran 2 MP. Elop menegaskan, ketiganya sudah mulai tersedia di pasar terbatas beberapa minggu mendatang dengan harga Rp1,4juta untuk Nokia X, sedangkan untuk seri X+ dan XL, Nokia menawarkannya dengan harga Rp1,6juta dan Rp1,8juta.

Spesifikasi Nokia Seri X

Nokia baru saja mengumumkan jajaran keluarga smartphone terbaru mereka untuk melengkapi portofolio yang mereka miliki. Smartphone tersebut adalah Nokia X, X+ dan XL. Berbeda dengan seri Nokia yang pernah mereka luncurkan, ketiga ponsel tersebut dirancang Nokia dengan memanfaatkan keunggulan sistem operasi Android buatan Google.

Kehadiran Nokia X, X+ dan XL semakin memperketat persaingan di pasar ponsel. Walaupun tidak memiliki kemampuan untuk mengakses Google Play, Nokia berjanji mempersiapkan Nokia App Store guna menapung aplikasi-aplikasi yang diinginkan pengguna.

Berikut ini spesifikasi Nokia X, X+ dan XL yang CHIP kutip dari WP Central.
 
Dimensi: 115.5 x 63 x 10.4 mm
Berat: 128.7 g
Display: 4 inci WVGA IPS LCD (800 x 480) dengan 233 ppi
Kapasitif sentuh dua titik
Feature: Ambient light sensor, Accelerometer, Proximity sensor, Micro SIM, Dual SIM support dan USB 2.0/Micro USB-B
Audio: 3.5 mm audio connector
Konektivitas: Bluetooth 3.0 + HS, Wi-Fi WLAN IEEE 802.11 b/g/n
WCDMA: 900 MHz, 2100 MHz dan GSM: 850 MHz, 900 MHz, 1900 MHz
Baterai: 1500 mAh
Prosesor: Dual-core 1GHz Qualcomm Snapdragon S4
RAM: 512 MB (Nokia X) dan 768 MB (Nokia X+)
Internal Storage: 4GB + MicroSD (hingga 32GB)
Kamera: 3 MP (Kamera Belakang)
 
Nokia XL
 
Dimensi: 141.1 x 77.7 x 10.9 mm
Berat: 190 g
Display: 5 inci WVGA IPS LCD (800 x 480) dengan 187 ppi
Kapasitif multi sentuh
Feature: Ambient light sensor, Accelerometer, Proximity sensor, Micro SIM, Dual SIM support dan USB 2.0/Micro USB-B
Audio: 3.5 mm audio connector
Konektivitas: Bluetooth 3.0 + HS, Wi-Fi WLAN IEEE 802.11 b/g/n
WCDMA: 900 MHz, 2100 MHz dan  GSM: 850 MHz, 900 MHz, 1900 MHz
Baterai: 2000 mAh
Prosesor: Dual-core 1GHz Qualcomm Snapdragon S4
RAM: 768 MB
Internal Storage: 4GB + MicroSD (hingga 32 GB)
Kamera: 5 MP (Kamera Belakang) dan 2 MP (Kamera Depan)
 
Jika melihat spesifikasi di atas, Nokia X, X+ dan XL bukanlah ponsel untuk kelas high-end. Besar kemungkinan, Nokia akan memasarkan produk ini ke pasar negara berkembang serta menjadi jalan untuk memperkenalkan layanan Microsoft sekaligus milik Nokia kepada pengguna Android.

Tak berbeda dengan versi Asha maupun Lumia, seri Nokia X juga hadir dengan beragam warna pilihan. Sedikitnya ada enam warna pilihan, yaitu Black, Blue, Green, Red, White, dan Yellow.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 Response to "Harga dan Spesifikasi Seri Nokia X HP terbaru Nokia berbasis Android"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *