Jumat, 26 September 2014

Benarkah Wanita Hamil Muda tidak Boleh mandi Malam

Ada sebuah mitos kalau wanita hamil muda tidak boleh mandi malam. Lantas bagaimana tanggapan medis tentang mitos ini secara ilmu kedokteran? Berikut ulasanya.

Pertanyaan:
Halo Dok, saya mau tanya. Istri saya sekarang hamil 7 bulan dan suka pulang kantor malam terus dia mandi. Mandi malam begitu berbahaya nggak ya Dok untuk janinnya? Sampai jam berapa istri saya masih bisa ditolerir untuk mandi malam? Dan baiknya pakai air hangat atau dingin ya Dok? Trims.

Derry Sanjaya (Laki-laki menikah, 29 tahun)

DerrySanjayaXXXXX@gmail.com

Tinggi badan 167 cm, berat badan 59 kg


Jawaban

Halo Derry,

Sampai sekarang saya belum pernah membaca publikasi ataupun jurnal mengenai bahayanya mandi malam untuk Ibu hamil. Logikanya tidak ada masalah sampai jam berapapun.

Untuk suhu air yang baik, sebaiknya yang nyaman, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Tidak ada ketentuan di suhu berapa dan kenyamanan untuk Ibu hamil mungkin berubah sesuai suhu sekitarnya, apabila suhu sekitar dingin yang duhu airnya agak panas, bila panas cuacanya Ibu hamil akan minta dingin. Tergantung Ibu hamilnya nyaman di suhu berapa. Walaupun memang banyak yang menyarankan kalau Ibu hamil jangan berendam di suhu yang terlalu panas.

Semoga Bermanfaat.
dr. Hari Nugroho, SpOG
Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan
Staf Divisi Ginekologi Onkologi - Departemen Obstetri dan Ginekologi
RSUD dr Soetomo - Universitas Airlangga, Surabaya
Akun Twitter: @drharinugroho

(hrn/vta)
Benarkah Wanita Hamil Muda tidak Boleh mandi Malam Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown