Minggu, 14 September 2014

Informasi Penerimaan CPNS Umum daerah DKI Jakarta 2014

SEKRETARIAT DAERAH PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA

PENGUMUMAN NOMOR 3 TAHUN 2014
Dalam rangka mengisi lowongan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil Pemerintah
Provinsi DKI Jakarta Tahun 2014. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka kesempatan
untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil Provinsi DKI Jakarta dengan ketentuan sebagai
berikut:

A. FORMASI YANG Diisi
NO JABATAN JENJANG PENDIDIKAN GDl ..IMl PENEMPATAN
I RUMPUN KESEHATAN 10
1 Asisten Apoteker 0111 Farmasi IIle 5 RSUD Pasar
Minggu 2 Perawat 0111 Keperawatan IIle 5
II RUMPUN PENDIDIKAN 350
1 Guru Agama Islam S1 Pendidikan Guru
Agama Islam III/a 42
SD Negeri, SMP
Negeri dan SMA
Negeri
2 Guru Kelas S1 Pendidikan Guru SD IIl/a 308 SD Negeri
III RUMPUN TEKNIS 374
1 Juru Ukur Dill Teknik Sipil IIle 4
Dinas Teknis
dan Badan
2
Pemeriksa Tata
Bangunan dan
Perumahan
Dill Teknik Sipil IIle 6
3 Analis Beneana S1 Semua Jurusan 1II/a 3
S1 Teknik Sipil IIl/a 2
4 Analis Desain Taman S1 Arsitektur lanskap Ilila 2
5 Analis Angkutan laut S1 10 IV Teknik Transportasi
lautlDarat IIl/a 1
6 Analis Angkutan
Darat S1 I D IV Teknik Transportasi
Darat Ilila 4
7 Analis Lingkungan
Hidup S1 Teknik Lingkungan 1II/a 2
8 Analis Industri S1 Teknik Industri 1II/a 10
9 Analis Peru mahan S1 Teknik Sipil IIl/a 4
10 Analis Kelistrikan S1 Teknik Elektronika Ilila 5
11
Pengawas
Penyelenggaraan
Urusan
Pemerintahan
Daerah
S1 Semua Jurusan IIl/a 6 I nspektorat 2

NO JABATAN JENJANG PENDIDIKAN GOl JMl PENEMPATAN
12 Instruktur S1 Teknik Elektronika Ilila 4
Dinas Teknis
dan Badan
13 Penera
S1 Teknik Mesin IIl/a 2
S1 Teknik Industri IIl/a 2
14 Pengantar Kerja S1 IImu Hukum III/a 3
15 Pemeriksa Industri S1 Teknik Industri Ilila 3
16 Pemeriksa Bangunan S1 Hukum Ilila 3
17 Pengawas Pengujian
Kendaraan Bermotor S1/DIV Teknik Transportasi
Darat IIl/a 1
18 Preparator S1 Antropolog ilArkeolog i IIl/a 3
19 Teknis Jalan dan
Jembatan S1 Teknik Sipil Ilila 6
20 Teknik Pengairan S1 Teknik Sipil Pengairan IIl/a 5
21 Pengelola Sistem
Jaringan S1
Sistem I nformasil
Teknik
I nformasilTeknolog i
I nformasilSistem
I nformati ka/T ekn i k
Informatika/Teknologi
Informatika
Ilila 24
22 Teknik Pengairan S1 Teknik Sipil Pengairan IIl/a 2
23 Pemroses Izin dan
Non Perizinan S1 Teknik Arsitekturl
Teknik Sipil Bangunan IIl/a 267 BPTSP
IV RUMPUN ADMINISTRASI 79
1 Analis SDM Aparatur S1 Statistik Ilila 1
Dinas Teknis,
Satpol PP dan
Badan
S1 Semua Jurusan Ilila 7
2 Analis Kesenian dan
Budaya Daerah S1 Kesenian IIl/a 4
3 Analis Programl
Perencanaan
S1 Ekonomi Manajemen
Keuangan IIl/a 1
S1 Ekonomi Studi
Pembangunan IIl/a 2
S1 Statistik Ilila 2
4 Analis Pendidikan
dan Pelatihan S1 Semua Jurusan 1II/a 1
5 Analis Kelembagaanl
Organisasi S1 Semua Jurusan Ilila 2
6 Analis Data dan
Kerja Sama Diklat S1 Semua Jurusan 1II/a 1
7 Pengadministrasi
Umum Dill Semua Jurusan IIle 8 3

NO JABATAN JENJANG PENOIOIKAN GOl JMl PENEMPATAN
Administrasi
Kepegawaianl
Administrasi
Keuangan Negaral
Administrasi
Keuanganl
8 Pengadministrasi 0111 Administrasi Negaral II/c 20 Kependudukan Administrasi Tata
Perkantoranl
Administrasi
Perkantoranl
Administrasi
Pembangunanl
Administrasi Oaerah
Administrasi
Keuangan Negaral
Administrasi Negaral
Administrasi Tata
Perkantoranl
Administrasi Oaerahl
9 Pengelola Bantuan 0111 Administrasi Il/c 1 Sosial dan Hibah Perkantoranl
Administrasi
Pembangunanl
Administrasi
Kepegawaianl
Administrasi
Keuangan
Administrasi
Perkantoranl
Administrasi Oinas Teknis
Kepegawaianl dan Badan
Administrasi
Keuanganl
10 Pranata Acara 0111 Administrasi II/c 1 Keuangan Negaral
Administrasi Tata
Perkantoranl
Administrasi Negaral
Administrasi Oaerahl
Administrasi
Pembangunan
Administrasi
Kepegawaianl
Administrasi Tata
Perkantoranl
Administrasi Negaral
Administrasi
11 Pengelola 0111 Keuangan Negaral II/c 1 Pengaduan Publik Administrasi Oaerahl
Administrasi
Keuanganl
Administrasi
Perkantoranl
Administrasi
Pembangunan
12 Analis Hukum S1 Hukum IIl/a 1
S1 Hubungan 1lila 3 Internasional
13 Analis Kerja Sarna S1 Semua Jurusan Ilila 2
S1 Sastra Jepang IIl/a 1
14 Analis Keolahragaan S1 I Semua Jur~san IIl/a 3 4
NO JABATAN JENJANG PENDIDIKAN GOl JMl PENEMPATAN
15 Pemelihara Barang 81 8emua Jurusan Ilila 1
Dinas Teknis
dan Badan
16 Analis Kesenian dan
Budaya Daerah 81 8astra Cina IIl/a 1
17 Kurator 81 Antropologi/Arkeologi IIl/a 1
18 Protokoler
81 Komunikasi IIl/a 3 Biro KDH dan
81 KlN Hubungan
Internasional IIl/a 1
19
Penyuluh Bimbinganl
Konseling Bagi Eks
Penyandang
Penyakit 80sial
81 Psikologi IIl/a 5
Dinas 80sial
20 Pengawas
Lingkungan Hidup 81 Hukum III/a 3 BPlHD
21 Assesor 82 Profesi Psikologi Industri
Organisasi IlI/b 2 BKD
V RUMPUN EKONOMI 320
1 Penilai PBB 0111 Penilai PBB II/e 24
Dinas
Pelayanan
Pajak
2 Pengadministrasi
Keuangan Dill
Ekonomi Manajemen
Perkantoran/Ekonomi
Manajemen
Keuangan/Ekonomi
Manajemen
AkuntansilEkonomi
Akuntansil Ekonomi
Pembangunanl
Ekonomi Administrasi
Keuangan/Ekonomi
Manajemen/Ekonomi
Keuangan
Il/e 4
Dinas Teknis
dan Badan
3 Pengadministrasi
Kepegawaian Dill
Ekonomi
Manajemen/Ekonomi
Manajemen
Keuangan/Ekonomi
Akuntansil Ekonomi
Pembangunanl
Ekonomi Manajemen
Perkantoranl Ekonomi
Manajemen Akuntansil
Ekonomi Adrninistrasi
Keuanganl Ekonomi
Keuangan
II/e 1
4 Pengadministrasi
Umum 0111
Ekonomi Administrasi
Keuangan/Ekonorni
Manajemen
Keuangan/Ekonomi
Manajemen/Ekonomi
Pembangunanl
Ekonomi Manajemen
Perkantoran/Ekonomi
Manajemen Akuntansil
Ekonomi Akuntansil
Ekonomi Keuangan
II/e 273
Dinas Teknis,
Badan dan
Kelurahan 5

NO JABATAN JENJANG PENDIDIKAN GOl JMl '. PENEMPATAN
5 Analis Keuangan S1 Ekonomi Manajemen IllIa 4 BPKD
6 Auditor S1 Akuntansi IIl/a 5 Inspektorat q 7 Bendahara S1 Ekonomi Akuntansi Ilila Dinas Teknis
dan Badan
JUMlAH 1.133
B. PERSYARATAN PELAMAR
a. Umum
1. Warga Negara Republik Indonesia yang Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
dan memiliki integritas yang tinggi kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan
Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945;
2. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS, Calon Anggota/Anggota TNI/POLRI;
3. Tidak berkedudukan sebagai Anggota atau Pengurus Partai Politik;
4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau
tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil atau diberhentikan tidak
dengan hormat sebagai pegawai swasta;
5. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan Putusan Pengadilan
yang mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan suatu tindak pidana
kejahatan;
6. Tidak terlibat langsung atau tidak langsung dalam kegiatan organisasi yang
bertentangan dengan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara dan
Pemerintah (PUNP);
7. Memiliki dan memenuhi kualifikasi pendidikan Oenjang dan jurusan) sesuai dengan
formasi yang dibutuhkan;
8. Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Dokter dari
Rumah Sakit Pemerintah;
9. Bebas dari pemakaian narkoba yang dibuklikan dengan surat keterangan dari
Rumah Sakit Pemerintah/Badan Narkotika Nasional/Kepolisian;
10. Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian
(SKCK) dari Kepolisian (setingkat POLRES) yang masih berlaku;
11. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia
atau negara lain yang ditunjuk oleh Pemerintah.
b. Khusus
1. Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku (bukan resi atau
KIPEM);
2. Memiliki ijazah/ijazah S2 Profesi (Surat Keterangan Lulus/ljazah Sementara tidak
berlaku) yang diperoleh dari :
a. Perguruan Tinggi Negeri (PTN);
b. Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan program studi minimal terakreditasi B
oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang masih berlaku
pada saat kelulusan; atau
c. Perguruan Tinggi Luar Negeri (PT -LN) yang diakui oleh Kementerian yang
membidangi urusan pendidikan nasional, dibuktikan dengan Surat Keterangan
Penyetaraan Ijazah dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, dan disertai
dengan konversi IPK dalam skala 4 (apabila Perguruan Tinggi tersebut tidak
menggunakan skala 4).
3. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) bagi pelamar lulusan dari Perguruan Tinggi
Negeri/Perguruan Tinggi Luar Negeri minimal 2,70 (dua koma tujuh puluh), dan
lulusan dari Perguruan Tinggi Swasta nlinin1al 3,00 (tiga koma nol); 6
4. Menguasai bahasa Inggris dengan baik yang dibuktikan dengan melampirkan
salah satu sertifikat hasil tes kemampuan bahasa Inggris yang dikeluarkan tahun
2014 (khusus pelamar berpendidikan S2 Profesi dan S1), dengan ketentuan
sebagai berikut :
a. EPT dengan nilai minimunl 400 (empat ratus);
b. TOEFL Prediction dengan nilai minimum 400 (empat ratus);
c. IEL TS dengan dengan nilai minimum 500 (lima ratus);dan
d. TOEIC dengan nilai minimum 600 (enam ratus).
5. Ketentuan usia adalah sebagai berikut :
a. S2 Profesi, memiliki usia rninimum 18 tahun dan usia maksimum 35 tahun per
1 September 2014;
b. S1, memiliki usia rninimum 18 tahun dan usia maksimum 33 tahun per 1
September 2014;
c. 0111, memiliki usia minimum 18 tahun dan usia maksimum 28 tahun per 1
September 2014.
C. TATA CARA PENOAFTARAN/LAMARAN
1. Pelamar wajib memiliki Nonlor Induk Kependudukan (NIK) serta alamat email yang
aktif untuk mengikuti proses rekrutmen CPNS Provinsi OKI Jakarta;
2. Setiap pelamar harus melakukan Registrasi Online dengan mengisi formulir
pendaftaran melalui portal nasional Panitia Seleksi Nasional CPNS (PANSELNAS)
(http://panselnas.menpan.go.id) dengan memilih Pemerintah Provinsi OKI Jakarta
pada pilihan instansi yang dilamar;
3. Pelamar yang telah selesai mengisi formulir akan mendapatkan user id dan
password yang dikirimkan ke alamat email masing-masing, paling lambat dalam
waktu 1 x 24 jam setelah selesai mendaftar; dan
4. Pelamar yang telah mendapatkan user id dan password, diwajibkan mengisi kembali
formulir pendaftaran yang berisi data diri lengkap pelamar melalui Sistem Seleksi
CPNS Nasional Badan Kepegawaian Negara (SSCN BKN) (http://sscn.bkn.go.id);
5. Pada saat pengisian data pribadi pelamar, agar dilakukan secara teliti dan telah
sesuai dengan data yang dimiliki agar tidak terjadi kesalahan data yang
mengakibatkan gugurnya pelamar di tahapan Seleksi Administrasi;
6. Pelamar dapat memilih 3 (tiga) formasi jabatan, yang kualifikasi pendidikannya sama
dan sesuai dengan kualifikasi pendidikan pelamar;
7. Bila pengisian data pribadi telah selesai dan disimpan, maka pelamar dapat mencetak
Kartu Tanda Bukti Pendaftaran pada menu yang tersedia;
8. Selanjutnya peserta wajib nlengirimkan berkas lamaran kepada panitia yang berisi:
a. hasil cetakan Kartu Tanda Bukti Pendaftaran yang telah ditempel pas foto
berwarna terbaru ukuran close up (4x6) pada bagian kiri atas;
b. lampiran berkas :
1) pas foto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 3 lembar;
2) fotokopi KTP yang masih berlaku (bukan resi/KI PEM);
3) fotokopi ijazah dan ijazah profesi (khusus S2 Profesi) yang dilegalisasi oleh
pejabat berwenang sesuai Keputusan Kepala BKN Nomor 11 Tahun 2002 (asli
dengan stempel basah bukan stempel fotokopi ataupun hasil scan);
4) fotokopi sertifikatldaftar hasil akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional
Perguruan Tinggi (BAN-PT) atau Surat Keterangan status akreditasi yang
dimiliki yang dikeluarkan oleh Kampus Perguruan Tinggi yang bersangkutan
dengan masa berlaku sampai dengan saat kelulusan (khusus bagi lulusan
Perguruan Tinggi Swasta yang tidak mencantumkan status akreditasinya pada
ijazah);
5) fotokopi transkrip nilai yang dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang (asli
dengan stempel basah bukan stempel fotokopi ataupun hasil scan); dan
6) fotokopi sertifikat Tes Kemampuan Bahasa Inggris yang dikeluarkan tahun
2014 (khusus S2 Profesi dan S1). 7

9. Seluruh berkas lamaran disusun rapi dalam map snelhecter dan dimasukkan dalam
amplop berwarna coklat. Berkas disusun dengan urutan sebagai berikut :
a. Pas foto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 3 lembar;
b. Hasil cetakan Kartu Tanda Bukti Pendaftaran;
c. Fotokopi KTP;
d. Fotokopi Ijazah yang sudah dilegalisir ;
e. Fotokopi sertifikat/daftar hasil akreditasi dari BAN-PT atau Surat Keterangan
status akreditasi dari kampus (khusus PTS yang tidak mencantumkan akreditasi
pada ijazahnya);
f. Fotokopi transkrip nilai/daftar nilai yang telah dilegalisir; dan
g. Fotokopi Sertifikat Tes Kemampuan Bahasa Inggris (khusus S2 Profesi dan S1).
10. Ketentuan warna map snelhecter bagi pelamar adalah sebagai berikut :
a. Rumpun Pendidikan dengan map warna Merah;
b. Rumpun Kesehatan dengan map warna Hijau;
c. Rumpun Teknis dengan map warna Biru;
d. Rumpun Administrasi dengan map warna Kuning; dan
e. Rumpun Ekonomi dengan map warna Coklat.
11. Panitia tidak menerima berkas selain yang disampaikan melalui PO BOX, dan data
lamaran dikirimkan melalui PO BOX sesuai dengan Rumpun :
a. PO BOX 4841 JKP 10048 untuk Rumpun Kesehatan;
b. PO BOX 4842 JKP 10048 untuk Rumpun Pendidikan;
c. PO BOX 4843 JKP 10048 untuk Rumpun Teknis;
d. PO BOX 4844 JKP 10048 untuk Rumpun Administrasi; dan
e. PO BOX 4845 JKP 10048 untuk Rumpun Ekonomi.
12. Pada sebelah kiri atas amplop coklat ditulis Rumpun Jabatan dan pada sebelah
kanan bawah amplop coklat ditulis alamat pengiriman.
O. PROSES SELEKSI
Seleksi dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut :
1. SELEKSI AOMINISTRASI
a. Berkas lamaran yang tidak lengkap dan atau tidak sesuai ketentuan dinyatakan
tidak lulus seleksi administrasi.
b. Bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan diumumkan di web
resmi Badan Kepegawaian Oaerah Provinsi OKI (http://bkddki.jakarta.go.id) dan
diminta mendownload Kartu Ujian melalui user id masing-masing pada sistem
SSCN BKN (http://sscn.bkn.go.id) yang harus dibawa pada saat mengikuti ujian
Tes Kompetensi Oasar (TKO).
2. TES KOMPETENSI OASAR (TKO)
a. Hanya peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dan membawa Kartu
Ujian serta bukti identitas diri asli berupa KTP (sesuai dengan data saat
pendaftaran online) yang dapat n1engikuti ujian TKO.
b. Ujian TKO menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).
c. Materi ujian TKO terdiri dari : Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum
dan Tes Karakteristik Pribadi yang dibuat oleh Konsorsium Perguruan Tinggi
Negeri.
3. TES KOMPETENSI BIOANG (TKB)
a. Semua peserta yang dinyatakan lulus ujian TKO dapat mengikuti ujian TKB.
b. Ujian TKB menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).
c. Materi ujian TKB berupa Tes Psikologi. 8
E. JAOWAL PELAKSANAAN
I NO URAIAN TANGGAL KETERANGAN
1. Pengumuman di 3 September 2014 media cetak
Pengumuman di Web Melalui web resmi :
1.http://jakarta.go.id Pemprov OKI Jakarta, 4 s.d. 2. 2.http://bkddkLjakarta.go.id Panselnas dan SSCN 17 September 2014 3.http://panselnas.menpan.go.id
BKN 4. http://sscn.bkn.go.id
Registrasi peserta Melalui web resmi : secara online di 4 s.d. 3. http://panselnas.menpan.go.id Panselnas dan SSCN 17 September 2014 dan http://sscn.bkn.go.id BKN

Pengiriman berkas
 Berkas diterima panitia 5 s.d. 4. lamaran melalui PO paling lambat tanggal : 18 September 2014 18 Sept. 2014 (cap pos)
Pengumuman hasil
BOX
Pada web: 5. 29 September 2014 http://bkddki.jakarta.go.id
Akan diinformasikan lebih
seleksi administrasi
Pelaksanaan ujian 6. lanjut di web: TKO http://bkddkLjakarta.go.id
Akan diinformasikan lebih Pengumuman hasil 7. lanjut di web: ujian TKO http://bkddkLjakarta.go.id
Akan diinformasikan lebih Pelaksanaan ujian 8. lanjut di web: TKB http://bkddki.jakarta.go.id
Akan diinformasikan lebih Pengumuman hasil 9. lanjut di web: ujian TKB http://bkddkLjakarta.go.id
Akan diinformasikan lebih Pengumunlan akhir 10. lanjut di web: kelulusan CPNS. http://bkddki.jakarta.go.id
F. TEMPATPELAKSANAAN
1. Lokasi Ujian TKO:
Lokasi ujian Tes Kompetensi Oasar (TKO) yang meliputi tempat dan ruangan akan
diinformasikan bersamaan dengan pengumuman kelulusan seleksi administrasi.
2. Lokasi Ujian TKB :
Lokasi ujian Tes Kompetensi Bidang (TKB) yang meliputi tempat dan ruangan akan
diinformasikan setelah pengumuman kelulusan ujian Tes Kompetensi Oasar (TKO). 9

G. KETENTUAN LAIN-LAIN

1. Panitia tidak memproses setiap lamaran yang tidak memenuhi ketentuan yang
ditetapkan oleh panitia;
2. Berkas lamaran tidak dikembalikan dan menjadi milik panitia;
3. Pelamar tidak dipungut biaya apapun;
4. Keputusan panitia bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu-gugat;
5. Lamaran yang disampaikan sebelum pengumuman ini dibuat dinyatakan tidak
berlaku;
6. Biaya transportasi dan akomodasi selama mengikuti tahapan tes ditanggung oleh
pelamar;
7. Setiap pelamar yang memberikan data dan informasi tidak benar dan bersifat
merugikan dibatalkan kelulusannya dan dapat dituntut sesuai dengan ketentuan yang
berlaku; dan
8. Pelamar yang telah dinyatakan lulus hingga tahapan akhir seleksi dan sudah
melakukan pemberkasan tetapi mengundurkan diri atau tidak mengikuti proses
selanjutnya diwajibkan untuk mengganti biaya yang telah dikeluarkan panitia sebesar
Rp. 50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) yang disetorkan kepada Kas Oaerah
Pemerintah Provinsi OKI Jakarta dikuatkan dengan surat pernyataan yang ditanda
tangani peserta di atas materai Rp. 6.000-,;
9. Pengumuman dan informasi lain yang berkaitan dengan seleksi Calon Pegawai
Negeri Sipil dapat dilihat melalui web http://panselnas.menpan.go.id,
http://sscn.bkn.go.id, dan http://bkddki.jakarta.go.id;
10. Pengumuman akhir kelulusan pelamar CPNS Oaerah Pemerintah Provinsi OKI
Jakarta akan diunlunlkan melalui website http://bkddkLjakarta.go.id.
Apabila anda memenuhi persyaratan, bersedia memenuhi seluruh ketentuan dan peraturan
di atas kami persilahkan untuk mendaftar.
Jakarta, 2 September 2014
Sekretaris Oaerah Provinsi

OKI Jakarta

Selaku

Ketua Tim Pel ksana Pengadaan Calon

ri Sipil Provinsi DKI Jakarta
Tahun 2014,
Informasi Penerimaan CPNS Umum daerah DKI Jakarta 2014 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown