Jumat, 03 Oktober 2014

Ini yang Membuat Internet Korsel jadi Tercepat No 1 di dunia


Korea Selatan hampir selalu menempati posisi teratas negara dengan koneksi internet tercepat. Dalam penelitian terbaru oleh Akamai, perusahaan cloud dan internet monitoring, Korsel dinobatkan punya internet rata-rata terkencang, 24,6 Mbps. Apa resep negeri Ginseng ini?

Salah satunya adalah niat yang kuat dan perencanaan yang benar-benar matang oleh pemerintah. Sejak tahun 1990-an, Korea Selatan rupanya sudah memprioritaskan perkembangan internet untuk memajukan negaranya.

Peran pemerintah memang begitu penting dalam pengembangan koneksi internet. Menurut Robert Faris, direktur riset di Harvard, pemerintah Korsel berhasil memenuhi keinginan warganya akan internet kecepatan tinggi dan selain itu, menyediakan intensif agar bisa diakses semua orang.

"Perbedaan besarnya adalah Korea melakukan gerakan besar untuk mengekspansi internet di negara itu. Mereka ingin menjadi sangat bagus soal internet. Banyak uang pemerintahan diberikan untuk pengembangannya," kata Taylor Reynolds, ekonom di lembaga OECD.

Faktor yang lain adalah kepadatan populasi di Korea Selatan. Banyaknya populasi penduduk di satu tempat memang memudahkan pembangunan infrastruktur internet yang punya koneksi cepat sekaligus lebih murah biayanya.

Menurut OECD, 94% masyarakat di Korea Selatan punya internet koneksi cepat. Pemerintah mendorong warga mempunyai komputer dan internet, dengan memberikan subsidi harga koneksi pada warga berpendapatan rendah.

Salah satu program pemerintah adalah dmeminta ibu rumah tangga agar belajar komputer dan akrab dengan internet kecepatan tinggi. Kemudian memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari.Ditunjang lagi oleh kesadaran dari warga Korsel. Menurut Rob Atkinson selaku presiden Information Technology & Innovation Foundation, orang tua di Korsel sangat mementingkan pendidikan bagi anak-anaknya.
Internet dengan koneksi cepat pun dipandang sebagai sebuah kebutuhan agar anak-anak mereka lebih cerdas. "Korsel telah memprioritaskan internet sejak 10 tahun lampau dan mereka sungguh-sungguh mengeksekusinya," ucap Artkinson seperti dikutip dari CNN.

Keinginan warga untuk mendapat internet kecepatan tinggi pun dijawab oleh pemerintah dan penyedia layanan internet. Jadilah semua faktor tersebut membuat internet di Korea Selatan begitu ngebut.

Mempersiapkan Jaringan 5G

Pemerintah Korea Selatan dikenal punya visi ke depan dan langsung mengimplementasikannya tanpa banyak cingcong. Meskipun sudah unggul jauh soal kecepatan internet, mereka terus saja berbenah.

Saat beberapa negara termasuk Indonesia masih berkutat dengan jaringan selular 3G atau sebatas memimpikan 4G, Korea Selatan sudah bersiap menggelar jaringan 5G. Kecepatannya sudah tentu berlipat ganda.

Pada awal tahun 2014 ini, pemerintah Korea Selatan menyatakan telah menganggarkan dana senilai USD 1,5 miliar untuk menyelenggarakan konektivitas 5G."Kami membantu pertumbuhan ekonomi nasional dengan layanan 2G di tahun 1990, 3G di tahun 2000-an dan 4G di 2010. Kini waktunya untuk melakukan langkah awal dalam mengembangkan 5G," demikian pernyataan Kementerian Sains Korsel.

Rencana penerapan 5G di Korsel pun terukur. Percobaan jaringan 5G akan dilakukan bertahap, paling awal pada tahun depan, dan implementasi penuh direncanakan berlangsung pada tahun 2020.

Pemerintah Korsel menyatakan bahwa para operator dan vendor teknologi seperti Samsung dan LG siap mengambil manfaat dari penerapan jaringan 5G tersebut.

Sebagai catatan, lebih dari 78% populasi Korea Selatan telah memakai smartphone. Bahkan di rentang usia 18 sampai 24 tahun, adopsi smartphone telah mencapai 97%.
Ini yang Membuat Internet Korsel jadi Tercepat No 1 di dunia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown