Profil Biografi Muhamad Husen Dirut Pertamina yang Baru pengganti Karen

Dewan Komisaris PT Pertamina (Persero) menunjuk Direktur Hulu Pertamina Muhamad Husen sebagai Pelaksana Tugas Direktur Utama Pertamina terhitung mulai 1 Oktober 2014.

Penunjukan itu tertuang dalam Surat Penunjukan Pelaksana Tugas Direktur Utama Nomor 289/K/DK/2014 tertanggal 30 September. Dewan Komisaris Pertamina juga telah menyurati Menteri BUMN selaku RUPS Pertamina perihal penunjukan tersebut.

Sesuai dengan Anggaran Dasar Pertamina pasal 10 ayat 25 butir b, Dewan Komisaris Pertamina menggunakan kewenangannya untuk menunjuk salah seorang anggota direksi untuk menjadi pelaksana tugas Direktur Utama Pertamina.

Untuk itu, Muhamad Husen, yang saat ini menjabat sebagai Direktur Hulu, telah ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas Direktur Utama dengan wewenang penuh terhitung tanggal 1 Oktober 2014 sampai dengan ditetapkannya Direktur Utama definitif oleh RUPS.

Sementara itu, pada hari ini Menteri BUMN selaku RUPS telah menyerahkan secara resmi Surat Keputusan tentang Pemberhentian Dirut Pertamina kepada Karen Agustiawan.

Lalu bagaimana sepak terjang Husen di sektor hulu migas? berikut ulasannya.

Husen merupakan petinggi Direksi Pertamina yang kini memiliki jabatan Direktur Hulu Pertamina. Kewenangannya sebagai Direktur Hulu berkaitan erat dengan seluruh kegiatan eksplorasi dan eksploitasi perusahaan pelat merah sektor energi tersebut.

Pria kelahiran Bandung, 2 Maret 1957 ini meraih gelar Sarjana Geologi di ITB (1984) dan Magister Sains di University of London (1989).

Ia mengawali karir di dunia perminyakan pada 1984 sebagai ahli Geologi di Divisi Eksplorasi LEMIGAS dan dilanjutkan sebagai Kepala Remote Sensing & GIS Studies Group, lalu Kepala Unit Layanan Teknis Eksplorasi LEMIGAS. Tahun 2001 hingga 2005, menjabat Kepala Divisi Eksplorasi LEMIGAS, lalu menjabat Asisten Deputi Bidang Perminyakan pada Deputi bidang Energi Sumber Daya Mineral dan Kehutanan di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Selanjutnya sejak 5 Maret 2008 menjabat sebagai Direktur Hulu PT Pertamina (Persero) . Lantas, 1 Juli 2009 menjabat Komisaris PT Pertamina EP dan menduduki posisi Komisaris Utama PT Pertamina EP sejak 12 Agustus 2011.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Ali Mundakir menegaskan, banyak pertimbangan dari hasil RUPS Kementerian BUMN dan Dewan Komisaris terkait penunjukkan tersebut.

"Banyak ya, pertimbangan komisaris, yang jelas sudah diputuskan dan perlu teman-teman ketahui bahwa keuntungan pertamina lebih dari 60% disokong dari kegiatan hulu. Itu saja yang ingin saya sampaikan," ujar Ali.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 Response to "Profil Biografi Muhamad Husen Dirut Pertamina yang Baru pengganti Karen"

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *